Cara Meningkatkan Kecerdasan Intelektual

Cara Meningkatkan Kecerdasan Intelektual

 

Banyak yang bilang tinggi rendahnya tingkat kecerdasan anak itu adalah sifat dari orang tuanya alias genetika (keturunan).
Tapi tak sedikit pula ilmuwan yang percaya kecerdasan masih dapat ditingkatkan dengan berbagai cara sejak usia dini pada diri anak. Berikut sekilas strategi yang dapat diupayakan untuk meningkatkan fungsi intelektual dan kognitif anak Anda.
.
.
.

1. Sering berdialog dengan Anak 

Tahukah Anda, dialog sangat memiliki pengaruh terhadap kemampuan anak? Dialog yang bersifat negatif akan mendorong anak mengalami kegagalan. Anak yang merasa rendah diri, akan mengalami pemiskinan intelektualitas. Sedangkan sebaliknya, dialog yang bersifat positif dapat meningkatkan keberhasilan anak meraih masa depan.
Ciptakan sebuah dialog internal positif yang dapat meningkatkan kinerja intelektual anak. Yakni sebuah cara menghilangkan pemikiran subyektif dan membangun kepercayaan diri, mengajarkan anak bagaimana mempraktekkan tanggapan positif. Contohnya:
Membiasakan atau menanamkan kata-kata :
  • Saya akan melakukan yang terbaik yang saya bisa.
  • Saya akan melakukan dengan baik ketika belajar  untuk ujian.
  • Saya akan bekerja keras menyelesaikan pekerjaan rumah.
  • Saya bisa dan saya akan melakukan ini.
.
.
.
2. Berlatih pengendalian bernafas
Salah satu metode yang efektif dan efisien untuk merangsang mental anak yaitu dengan pengendalian bernafas. Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa anak-anak yang memiliki performa akademis yang lebih baik itu ketika mereka melakukan latihan pernafasan sebelum mengerjakan latihan atau tugas. Latihan ini terbukti bisa megurangi rasa cemas dalam menghadapi ujuan. Selain itu, pernafasan yang meningkatkan aliran oksigen ke otak dapat meningkatkan daya ingat, konsentrasi dan kemampuan pemecahan masalah. 
Caranya sangat mudah, yaitu dengan mengajarkan anak menghitung dari 1-5 saat bernafas kemudian sampai lima lagi saat nafas keluar. Ulangi sampai sekitar 6 kali. kemudian arahkan untuk melakukannya setiap kali mengerjakan tugas, menghadapai ujian maupun situasi memecahkan masalah. 
.
.
.
3. Lakukan Olahraga Mental
Beberapa hal dapat dilakukan untuk mengasah kemampuan anak. Bermain dapat merangsang pikiran, terutama permainan berbasis strategi. Selain itu, game juga mengasah kemampuan verbal, daya konsentrasi, persepsi dan penalaran.
Berikut  beberapa permainan yang direkomendasi untuk membangun otak yang dapat dilakukan bersama keluarga:
  • Catur
  • Checkers
  • Puzzle teka teki silang
  • cryptograms
  • Tebak kata
  • Scrabble
  • Puzzle Matematika
.
.
.
4. Meningkatkan Intelektual dengan Interaksi Verbal Keluarga  
Jangan menjauhkan anak-anak dari percakapan keluarga hanya ketidak mengertiannya. Libatkan anak-anak dalam percakapan karena ini juga membantu mengembangkan ketrampilan bahasa dan kosa kata. Tak hanya anak-anak usia sekolah, justru terutama anak berusia 16 hingga 26 bulan dimana kemampuan bahasanya sedang berkembang pesat.
Tak peduli usia anak, bicarakan topik yang menarik minat mereka seperti sekolah, teman, hobi, aktivitas, beberapa proyek kreativitas, perjalanan, dan hal-hal menarik lainnya. Apapun yang muncul dari interaksi ini akan membuat anak merasa dihargai serta berkembang lebih cerdas.
.
.
.
5. Nutrisi Tepat Anak
Keseimbangan gizi dengan makanan dapat menghasilkan peningkatan kemampuan mental anak, terutama dari asupan vitamin dan mineral yang cukup.
Ketika Anda gagal memberikan  anak-anak makanan sehat, dan  terlalu banyak memberi makanan olahan tinggi gula dan lemak, akan  berdampak negatif terhadap kemampuan mentalnya. Ini juga  berpotensi mempengaruhi IQ. Dalam sebuah penelitian  satu juta anak sekolah yang terdaftar dalam sistem sekolah New York City, skor IQ meningkat sebesar 14 persen setelah aditif, pewarna, dan perasa buatan telah dihapus dari makan siang mereka.
Berikut makanan otak  yang dapat meningkatkan kemampuan otak anak.
  • Jeruk-jerukan : Beberapa jenis jeruk seperti jeruk mandarin hingga jeruk bali dengan kandungan vitamin C tinggi dapat memperbaiki ingatan dan kemampuan berpikir.
  • Telur : Memiliki kandungan vitamin pembangun memori bernama kolin (choline) 
  • Ikan : Memiliki kandungan lemak penting untuk pemangun otak 
  • Sayur dan Buah Berwarna : Beberapa sayuran berwarna hijau dan buah berwarna ungu, oranye dan kuning, mereka memiliki kandungan antioksidan tinggi yang dapat mengurangi risiko kerusakan otak.
  • Daging : Baik daging sapi maupun ayam memiliki kandungan zat besi yang tinggi. Defisiensi zat besi erat kaitannya dengan kemampuan belajar dan memori.
  • Gandum utuh : Gandum utuh memiliki kandungan karbohidrat yang baik yang dibutuhkan untuk kemampuan mental yang tajam.

.

.

6. Memberikan Suplemen yang memenuhi nutrisi pada Otak 

Pilihan nutrisi dan vitamin untuk meningkatkan kecerdasan intelektual yaitu ” SUPERLUTEIN / S LUTENA ” produk No.1 di dunia yang satu-satunya memiliki kandungan pigmen warna dari buah dan sayuran, DHA, vitamin B1, B2 , B6 DAN B12 serta vitamin E. S lutena telah melalui berbagai macam penelitian dan telah memiliki berbagai sertifikat dunia, kemudian s lutena juga telah memiliki nomor ijin BPOM. 

 

 

Khasiatnya bersama dengan 4 Piring sayur-sayuran dan 5 piring buah-buahan dengan 6 macam warna, ia juga adalah keperluan harian karotenoid orang dewasa. Oleh karena itu, kami sering berbicara “Dengan Super Lutein atau S lutena, kita tak perlu kuatir dengan berbagai penyakit. Bunda harus memberikan keluarga secepat mungkin agar tidak ada kekhawatiran terhadap berbagai penyakit. S lutena meningkatkan kecerdasan intelektual 

 

Untuk lebih jelasnya mengenai manfat dan kandungan dari produk s lutena ini bunda bisa baca dengan mengklik link berikut ini
>> Kandungan S Lutena  <<

 

Itulah berapa cara meningkatkan kecerdasan intelektual yang bisa anda terapkan pada buah hati anda. 

 

Langsung hubungi admin CS kami Via TELP / SMS / WA / BBM untuk Informasi Lebih Lanjut !!!

You may also like...

%d bloggers like this: